Jumat, 13 Maret 2015

PERTOLONGAN PADA LUKA RINGAN



Bila anggota tubuh terluka, jangan terlalu dianggap remeh. Bisa saja luka yang kalian anggap remeh itu adalah masalah yang serius. Sebaiknya lakukan pertolongan pertama (Emergency Treatment) agar tidak terlalu parah sebelum dibawa kerumah sakit. Inilah beberapa cara & tips melakukan Emergency Treatment pada keadaan darurat dan masalah kesehatan.
1.    Pertongan Pertama pada luka sobek:
Cucilah tangan dengan air yang mengalir. Angkat luka sampai lebih tinggi dari jantung. Letakkan kain bersih/perban diatas luka, lalu tekan luka selama 5 menit untuk menghentikan darah. Bila pendarahan tidak berhenti, segera bawa ke RS dan jangan mengoleskan obat tanpa petunjuk dokter.
2.    Ketika Serangga masuk ke telinga:
Arahkan telinga ke tempat yang terang/terangi dengan senter. Karena, serangga akan keluar mengikuti arah datangnya cahaya. Untuk serangga yang suka cahaya, cara ini dapat digunakan. Tapi untuk sejenis cacing, cara ini tidak mempan.
3.    Pertongan Pertama pada mimisan:
Duduk diam sambil menenangkan pikiran. Kepala dimiringkan sedikit kedepan. Tekan bagian depan menggunakan jempol  dan telunjuk selama 5 menit.
4.    Benda asing masuk ke mata:
Tutup mata, tunggu dan biarkan air mata mengalir membersihkan benda itu. Jika dikelopak mata terlihat kotoran, bersihkan dengan air. Tahan kelopak mata lalu bersihkan dengan cotton bud. Jika dalam beberapa waktu mata masih tidak nyaman, segera periksakan ke dokter.
Bila terserang cegukan:
Sampai saat ini, tidak ada cara ampuh untuk menangani cegukan. Berikut beberapa tipsnya: kagetkan dengan suara keras. Tahan nafas selama beberapa saat. Makan gula sebanyak 1 sendok.
Itulah beberapa cara agar kita dapat menangani beberapa masalah kesehatan dan kecelakaan secara cepat dan tepat. Mudahkan? Semoga dengan tips dan artikel ini, anda dapat lebih mudah memberikan pertolongan pertama saat keadaan darurat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar